October 4, 2018

Bagaimana Cara Merawat Rambut Keriting?

Memiliki rambut yang halus, mudah diatur, dan bebas masalah tidak bisa Anda miliki tanpa perawatan khusus, terlepas Anda melakukannya di salon atau rumah.

Bagaimana Cara Merawat Rambut Keriting

Rambut keriting merupakan salah satu jenis rambut yang memang membutuhkan perhatian ekstra, baik dalam perawatan atau pun penataannya. Pasalnya, tekstur rambut keriting pada umumnya adalah kering dan tidak lembap.

Seorang trichologist, Ian Sallis, mengatakan bahwa rambut keriting itu genetis.

“Rambut keriting terbentuk dari folikel rambut yang berbentuk oval atau bundar pada orang Asia sehingga rambut pun tumbuh dalam bentuk seperti spiral,” jelas Sallis.

Trichologist merupakan pakar medis khusus untuk penanganan kerontokan rambut dan masalah kulit kepala.

Sallis menambahkan, tingkat spiral rambut keriting tergantung pada sudut dan ketebalan helai rambut dan proses distribusi keratin.

Rolana Wilkerson PhD, Ilmuwan dari jenama sampo, Pantene, menguraikan beberapa kiat untuk merawat rambut keriting, berikut ini :

Rutin keramas


Anda yang malas mencuci rambut dan memiliki rambut keriting tentu sering merasa lega hati. Pasalnya, rambut keriting tidak perlu dikeramas setiap hari. Bahkan, Wilkerson menganjurkan hanya satu kali dalam seminggu, tergantung dari jenis dan ketebalan rambut keriting Anda.

Wilkerson menyarankan menggunakan sampo dan pelembap rambut atau kondisioner yang memiliki tingkat kelembapan tinggi.

Apabila Anda memiliki waktu lebih, diamkan kondisioner selama lima menit agar meresap dan melembapkan dengan menyeluruh sebelum dibilas.

Jika Anda kurang percaya diri tidak keramas lebih dari satu hari, Anda bisa menggunakan kondisioner tanpa pemakaian sampo. Cara ini efektif untuk menjadikan rambut lebih mudah diatur dan lembut.

Namun, jangan lakukan setiap atau sampai mengganti sampo dengan kondisioner setiap keramas.

Sebab, Anda masih membutuhkan sampo yang bermanfaat untuk mengangkat kotoran pada kulit kepala Anda.

Hindari pengering rambut atau hairdryer


Kurangi gesekan panas dan eksposur panas pada helai rambut keriting. Terlalu sering menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut, justru bisa membuatnya semakin kusut.

Wilkerson mengatakan bahwa mengeringkan rambut secara alami akan meminimalkan kerusakan dan kadar kusut. Mengeringkan rambut menggunakan kipas angin bisa menjadi alternatif lainnya.

Serum dan masker


Neville Tucker, Pendiri dari Neville Hair & Beauty, menyarankan bahwa rambut keriting rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rajin mengaplikasikan makser dan serum.

“Rambut keriting biasanya kering. Jadi, biasakan menggunakan kondisioner, masker, serum, dan produk mengandung protein. Ini sangat penting,” ujar Tucker.

Produk rambut yang memberikan kelembapan juga sangat membantu untuk perawatan rambut keriting.

“Tak semua serum memiliki reputasi baik, tetapi serum sifatnya humektan yang mengikat unsur lembap dari atmosfir ke rambut, sangat efektif,” imbuhnya.

Hidrasi


David Salinger, Director of the International Association of Trichologists, menjelaskan bahwa mengondisikan rambut dalam kondisi lembap sangat krusial untuk pemilik rambut keriting.

Salah satu cara termudah adalah merawatnya dengan masker satu pekan sekali. Selain itu, Anda juga bisa memakai susu hidrasi khusus rambut, krim rambut, dan minyak rambut sebelum penataan.

Salinger juga memberikan saran menarik, yaitu usahakan untuk menyisir rambut keriting dengan sisir bergigi jarang. Lakukan kala rambut dalam kondisi benar-benar basah. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari menarik rambut terlalu keras sehingga menyebabkan rambut putus atau kusut.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon