October 3, 2018

Cara Awet Muda Secara Alami

Cara awet muda adalah topik yang menarik bagi mereka yang telah berusia senja. Tapi kalau Anda ingin awet muda sebaiknya melakukankannya sejak usia dini. Ada beberapa orang yang sejak lahir memang sudah terlihat awet muda tanpa melakukan apapun.

Cara Awet Muda Secara Alami

Untuk mereka yang tidak mendapat berkah silahkan simak baik-baik bagaimana membuat wajah dan tubuh kita tetap sehat dan awet muda secara alami.

1. Rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran


Cara awet muda yang pertama adalah rajin atau rurin mengkomsumsi buah-buahan dan sayuran. Mengapa? Buah-buah dan sayuran kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang sangat membantu dalam proses regenerasi sel. Agar tubuh menjadi awet muda dan sehat yang utama dijaga adalah proses regenerasi sel agak tidak terganggu. Buah-buahan dan sayuran juga kaya akan sehat yang membantu proses percernaan akan makanan dapat terserap dalam tubuh secara optimal. Proses pencernaan yang baik akan meminimalkan menghasikan limbah dari apa yang kita makan. Meminimalkan terdapatnya sisa-sisa limbah didalam tubuh akan membuat lambung dan usus menjadi lebih sehat dan produktif dalam menyerap sari-sari makanan.

2. Banyaklah tersenyum dan bersyukur


Cara awet muda yang kedua adalah rajin tersenyum dan bersyukur. Stres adalah salah satu sebab terjadinya penuaan dini. Salah satu cara mengatasi stress yang alami adalah dengan banyak tersenyum. Wajah kita yang mudah tersenyum akan memberi efek positif bagi lingkungan kita berada. Proses tersenyum sendiri juga memicu keluarnya hormon-hormon yang membuat tubuh kita menjadi sehat. Seperti halnya tersenyum, bersyukur juga memberi efek yang baik bagi tubuh. Seorang pribadi yang selalu bersyukur membuat tubuhya rileks dan tidak tegang. Tubuh yang rileks membuat proses metabolisme tubuh sepenuhnya dapat digunakan untuk proses memperbaki sel-sel yag rusak atau sel-sel yang mengalami malfungsi.

3.Istirahat yang Cukup


Cara awet muda yang ketiga adalah istirahat yang cukup. Manusia beristirahat selain berfungsi mengistirahatkan pikiran juga berfungsi mengistirahatkan organ-organ penting tubuh manusia yang sangat menunjang proses kehidupan. Seperti halnya kendaraan yang sesekali diservis dan tidak digunakan terus menerus begitu juga tubuh manusia yang merupakan kendaraan bagi jiwa kita dalam kehidupan dibumi ini.

4. Meditasi kesehatan


Cara awet muda yang keempat adalah dengan rutin melakukan meditasi kesehatan. Terdapat berbagai teknik meditasi kesehatan yang dapat dipraktekkan. Meditasi membuat kita menjadi peka terhadap tubuh, mengendalikan emosi dan mendekatkan dengan jiwa kita. Meditasi membuat kita sehat secara jasmani maupun rohani. Meditasi kesehatan ini berfungsi untuk menyehatkan pikiran kita. Sehingga muncul istilah baru :”Dalam Jiwa atau Pikiran Yang Sehat, Terdapat Tubuh Yang Sehat”. Riset yang dilakukan di beberapa negara membuktikan bahwa wanita yang rajin melakukan meditasi akan kelihatan lebih muda 10 tahu atau lebih.

5. Puasa


Cara awet muda yang kelima adalah berpuasa. Laku puasa sudah dilakukan banyak masyarakat kuno dalam tradisi apapun. Jadi prilaku puasa adalah sebuah tradisi global dimasa lalu. Di Jawa terdapat lalu puasa yang masih terjaga hingga saat ini, selalin puasa weton, terdapat laku puasa senin kemis juga laku puasa putih. Dalam tradisi Kristiani biasanya melakukan puasa dan pantang dalam periode 40 hari sebelum perayaan Paskah sedangkan bagi umat Muslim, puasa dilakukan 30 hari selama bulan Ramadhan.

6. Olah Raga yang Teratur


Salah satu olah raga yang paling mudah dilakukan adalah jalan kaki. Menurut riset, orang Indonesia paling jarang berjalan kaki. Jika dimasa lalu orang-orang rajin berjalan kaki ke sekolah, kuliah atau tempat kerja. Saat ini kegiatan berjalan kaki telah digantikan kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Bagaimana efek puasa bagi tubuh manusia? Selama berpuasa ternyata sistem metabolisme kita akan melambat , yang secara bersamaan juga akan memberi efek yang sama terhadap proses penuaan kulit. Artinya memperlambat proses penuaan kulit. Walaupun masih perlu dikaji dan dipraktekkan terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa berpuasa selama 12 jam akan memberi efek awet muda selama 1 jam.

Seperti diberitakan Healthy Diet Base, ketika berpuasa, usus besar otomatis akan jadi lebih bersih dibanding biasanya. Hal ini menjadikan usus mampu menyerap nutrisi makanan jauh lebih baik dibanding biasanya. Nutrisi yang baik juga akan berdampak baik bagi kesehatan kulit.

Kesimpulan Cara Awet Muda Secara Alami


Dari 5 cara awet muda yang dijabarkan diatas. Point pentingnya adalah: Pertama. Bagaimana menjaga agar metabolisme tubuh dapat berfungsi dengan optimal. Kedua. Bagaimana mendapatkan makanan dengan nutrisi yang baik. Ketiga. Bagaimana agar organ-organ tubuh dapat relaks sehingga dapat berfungsi optimal.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon