October 1, 2018

Cara Mencuci Handuk Pantai

Banyak cucian yang harus dikerjakan baik sebelum maupun setelah liburan Anda dapat mulai dengan pakaian pantai dan handuk yang baru dicuci, dan kemudian membersihkan total pakaian yang berpasir dan terkena tumpahan es krim saat kembali. Dengan kata lain, panduan ini akan memberi Anda tips dan trik mencuci handuk pantai dan menghilangkan nodanya, sehingga dapat digunakan untuk liburan musim panas yang akan datang.

Cara Mencuci Handuk Pantai

Cara Mencuci Handuk Pantai


  • Kebanyakan handuk pantai terbuat dari bahan katun yang menyerap dan lembut, yang berarti mudah dirawat dan dicuci dengan mesin menggunakan detergen seperti Rinso. Selalu ingat untuk membaca dan mengikuti instruksi yang tertera pada label produk.
  • Katun umumnya dicuci dengan pengaturan air panas untuk mendapatkan hasil maksimal, dan hal ini (biasanya) tidak akan merusak bahannya. Namun, tetap pastikan melihat label perawatan handuk pantai, karena ada perbedaan, khususnya bagi handuk yang tidak 100% katun.
  • Handuk pantai didesain untuk tidak mudah luntur, karena fungsinya yang sering terkena air – namun Anda tetap harus mencuci pakaian yang sama secara bersamaan, dan memisahkan pakaian yang berwarna cerah dengan warna gelap.

Membersihkan Pasir dari Handuk Pantai


Pasir yang melekat pada handuk pantai akan membuat Anda tidak nyaman menggunakannya. Anda juga harus menghindari banyaknya pasir di mesin cuci yang tidak dirancang mengatasi masalah seperti ini. Lalu bagaimana cara membersihkan pasir yang melekat pada pakaian?

  • Saat akan meninggalkan pantai, pastikan Anda mengibas-ngibaskan handuk dengan kuat sebelum menyimpannya. Dengarkan suara “kibasan” yang kuat saat mengibasnya, serta pastikan Anda membersihkan sebanyak mungkin pasir.
  • Setelah sampai di rumah, sedot handuk pantai Anda, baik dengan menggunakan vacuum cleaner kecil maupun yang besar untuk mengangkat pasir yang melekat terlalu dalam.
  • Sebagai trik terakhir, isi sebuah baskom dengan air sabun yang hangat dan aduk handuk Anda di dalamnya. Pasir akan keluar dan tenggelam di dasar baskom. Lalu cuci handuk Anda seperti biasa, dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Menghilangkan Noda dari Handuk Pantai


Selain pasir, banyak benda lain yang secara tidak sengaja tumpah di atas handuk pantai Anda, seperti es krim, lumpur, minyak, dan bahkan darah – karena kita mudah terluka goresan di pantai yang berbatu. Berikut panduan cepat cara mengatasi noda yang umum ditemui. Selalu ingat untuk selalu mengikuti instruksi pada tiap label produk, dan segera membersihkannya: noda mudah hilang jika masih baru.

Es Krim dan Cokelat

Kikis sebanyak mungkin es krim atau cokelat pada pakaian. Atasi noda dengan pembersih noda komersial atau detergen cuci cair seperti Rinso. Bilas dengan air dan ulangi hingga noda hilang. Jika noda telah mengering, atau membandel, rendam handuk Anda dalam air sabun selama 15-30 menit.

Lumpur

Tunggu hingga lumpur mengering lalu kikis sebanyak mungkin. Basahi noda dengan deterjen cuci cair dan bilas area yang terkena noda. Tepuk noda berulang kali atau gunakan sikat gigi bersih yang tidak terpakai untuk membersihkan lumpur hingga hilang.

Oli

Kikis dengan lembut sisa oli yang melekat dengan pisau atau sendok. Teteskan minyak bayi, minyak kayu putih, atau terpentin pada noda hingga hilang (pastikan untuk mencoba tiap produk pada area yang lebih kecil terlebih dahulu).

Darah

Rendam dalam air dingin, bersihkan dengan pembersih noda komersial atau deterjen cuci, lalu gosok dengan lembut hingga noda hilang.

Setelah membersihkan noda apa pun, cuci handuk pantai Anda seperti biasa dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Cara Mencuci Handuk Pantai


  • Sortir pakaian yang berwarna cerah dan gelap. Lihat label perawatan handuk untuk memastikan cara yang tepat mencucinya.
  • Jika tidak ada label petunjuk, cucilah handuk pantai Anda dalam suhu panas (antara 40 hingga 60 derajat) lalu bilas dengan air dingin – cara ini akan membasmi bakteri apa pun yang mungkin terbawa.
  • Gunakan deterjen berkualitas, seperti Rinso.
  • Anda dapat mengeringkan handuk pantai dengan mesin pengering untuk kelembutan maksimal. Namun, menjemurnya akan lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Kibaskan handuk sebelum digantung untuk melembutkannya, selain yang berwarna putih, jangan jemur di bawah cahaya matahari langsung, karena dapat memudarkan warna pakaian.

Sekarang Anda tahu cara merawat handuk pantai dengan benar, sehingga dapat menjaga tubuh Anda tetap kering dan nyaman saat di pantai atau kolam renang pada masa liburan yang akan datang.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon