October 3, 2018

Mengobati Demam dengan Teh Kembang Sepatu

Cara mengobati demam dengan bunga kembang sepatu telah dikenal berabad-abad yang lampau. Para leluhur kita di masa lalu sangat dekat dan peka dengan alam semesta sehingga mampu menemukan bahan pengobatan dari bahan-bahan alami.

Mengobati Demam Dengan Teh Kembang Sepatu

Kembang sepatu yang dikenal para lmuwan tanaman sebagai Hibiscus rosa-sinensis mudah didapat dimana-mana. Tanaman ini dapat tumbuh diberbagai kondisi, dari daerah panas hingga pegunngan yang sejuk.

Kembang sepatu ini tanaman yang tahan banting. Untuk menanamnya tinggal potong ranting tanaman dan masukkan ke dalam tanah. Di Indonesia dengan alam yag sangat subur tentu saja tanaman ini mudah dijumpai dimana saja.

Kembang sepatu berdasarkan getaran energinya bersifat sejuk sehingga dapat digunakan untuk menurunkan demam.

Selain berwarna merah, kembang sepatu juga ada yang berwarna merah muda dan putih. Dibeberapa daerah kembang sepatu ini juga digunakan dalam upacara adat.

Inilah cara mengobati demam dengan teh kembang sepatu.

  • Siapkan 4 kuntum kembang sepatu
  • Masukkan ke dalam air mendidih sekitar 2 gelas.
  • Warna teh kembang sepatu coklat ke hitam-hitaman.
  • Silahkan tambahkan jeruk nipis atau lemon.
  • Teh kembang sepatu berubah menjadi merah menyala
  • Teh siap diminum untuk mengobati demam anda
  • Jika diinginkan dapat juga ditambahkan dengan kayu manis atau madu

Beberapa khasiat bunga dan daun kembang sepatu lainnya:

1. Menurunkan tekanan darah dan kolestrol. Air rebusan daun kembang sepatu bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Obati Batuk dan Sariawan. Daun kembang sepatu dapat digunakan untuk obat batuk dan obat sariawan. Disiapkan dengan cara yang dianjurkan di atas. Air disiapkan untuk diminum atau berkumur.

3. Obat sakit kepala. Daun kembang sepatu bisa juga digunakan untuk obat sakit kepala. Gunakan airnya untuk mengompres kening kepala kita. Pastanya bisa digunakan untuk ditempelkan ke kepala. Air rebusan juga siap untuk diminum.

4. Obat Gondok. Gondokan adalah pembesaran kelenjar tiroid di leher bagian bawah. Rasanya tidak mengenakkan dan mengganjal. Air rebusannya bisa diminum, dan pastanya bisa dibalurkan ke daerah gondok sebagai obat luar.

5. Obat Sulit Kencing. Rebusan kembang sepatu bisa dipakai untuk menyembuhkan sulit kencing (buang air kecil).

6. Cegah Rambut Rontok. Lendir daun sepatu dapat digunakan bahan masker rambut. Oleskan lendir di rambut atau gunakan air sebagai keramas. Langkah ini menolong menyembuhkan rambut rontok.

7. Turunkan berat badan. Kandungan rendah kalori dan serat yang tinggi. Efektif untuk menurunkan berat badan. Air rebusan daun bunga sepatu bisa diminum. Teh kembang sepatu dapat menurunkan lemak dan kalori tubuh.

8. Menambah Energi. Konsumsi teh kembang sepatu dapat mengembalikan energi yang hilang. Revitalisasi energi penting buat mengindari stres dan ketegangan.

Dengan menaman bunga sepatu di halaman rumah maka mengobati demam dengan kembang sepatu dapat dilakukan setiap saat.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon