October 18, 2018

Pengertian Adenin dan Adenosin

Mungkin sebagian besar dari anda masih asing dengan istilah adenin dan adenosin. Istilah ini merupakan istilah kimia yang mana orang awam tidak terlalu mengetahui istilah tersebut. Mungkin istilah ini merupakan istilah yang biasa bagi orang yang berkecimpung dalam bidang kimia dan pengetahuan alam. Namun tidak dengan orang pada umumnya. Lalu apa sebenarnya adenin dan adenosine tersebut?

Pengertian Adenin dan Adenosin

Adenin


Adenin merupakan salah satu rumus nukleobasa purin yang sangat berperan penting dalam proses seluler serta konjungsi diri dengan biomolekul satu dengan yang lainya. Molekul ini memiliki rumus yakni C5H5N5. Molekul ini terdiri dari berbagai zat yang sangat penting seperti heterolistik yang mana memiliki cincin imidazole dengan cincin pirimidin yang melekat. Molekul ini sangat berpengaruh pada rantai dan ikatan molekul seperti gula pentose yang berguna untuk membentuk nukleosdida dan adenosin.

Adenosin


Adenosin sendiri adalah molekul yang terdiri molekul adenine yang mana molekul ini terdiri dari gula ribose. Molekul ini memiliki rumus yakni C10H13N504. Dua molekul ini sangat berpengaruh dan saling melengkapi. Lalu apa perbedaan diantara keduanya? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan serta penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Dasar Adenin dan Adenosin


Perbedaan yang paling mendasar diantara adenin dan adenosin adalah terletak pada nukleobasa dasarnya. Nukleobasa yang paling dasar adalah adenin. Yang mana sangat terikat dengan gula pentose hampir seperti ribose dan akan menghasilkan adenosine. Jadi bisa dikatakan bahwa adenosin merupakan salah satu komponen yang sangat umum yang mana salah satu komponennya adalah adenin.

Dengan kata lain adenosin merupakan salah satu molekul yang sangat besar dan lebih besar dari adenin. Molekul adenosin juga dipercaya sebagai molekul yang lebih aktif dibandingkan dengan molekul adenin. Inilah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai apa itu adenin dan adenosin serta perbedaanya diantara keduanya.

Semoga ulasan serta penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk anda dalam menambah pengetahuan dan informasi. Terlebih lagi untuk anda yang berkecimpung dalam dunia ilmu pengetahuan seperti kimia dan biologi. Semoga bermanfaat.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon