October 18, 2018

Pengertian dan Contoh Radiasi

Radiasi dan radioaktivitas adalah dua konsep yang sering salah dimengerti. Berikut adalah definisi radiasi dan lihat bagaimana perbedaannya dari radioaktivitas.

Pengertian dan Contoh Radiasi

Pengertian Radiasi


Radiasi adalah emisi dan perbanyakan energi dalam bentuk gelombang, sinar atau partikel. Ada tiga jenis utama radiasi :

  • Radiasi non-pengion: Ini adalah pelepasan energi dari daerah berenergi rendah dari spektrum elektromagnetik. Ini termasuk cahaya, radio, gelombang mikro, inframerah (panas), dan sinar ultraviolet.
  • Radiasi pengion: Ini adalah radiasi dengan energi yang cukup untuk mengeluarkan elektron dari orbital atom, membentuk ion. Radiasi pengion termasuk x-ray, sinar gamma, partikel alfa, dan partikel beta.
  • Neutron: Neutron adalah partikel yang ditemukan di inti atom. Ketika mereka lepas dari nukleus, mereka memiliki energi dan bertindak sebagai radiasi.

Contoh Radiasi


Radiasi termasuk emanasi dari setiap bagian dari spektrum elektromagnetik, ditambah itu termasuk pelepasan partikel. Contohnya termasuk :

  • Lilin yang menyala memancarkan radiasi dalam bentuk panas dan cahaya.
  • Matahari memancarkan radiasi dalam bentuk cahaya, panas, dan partikel.
  • Uranium-238 meluruh menjadi Thorium-234 memancarkan radiasi dalam bentuk partikel alfa.
  • Elektron jatuh dari satu keadaanenergi ke keadaan energi lebih rendah memancarkan radiasi dalam bentuk foton.

Perbedaan Antara Radiasi Dan Radioaktivitas


Radiasi adalah pelepasan energi, entah itu berupa gelombang atau partikel. Radioaktivitas mengacu pada peluruhan atau pemisahan inti atom. Bahan radioaktif melepaskan radiasi saat meluruh. Contoh peluruhan termasuk peluruhan alfa, peluruhan beta, peluruhan gamma, pelepasan neutron, dan fisi spontan. Semua radiasi disertai pelepasan isotop radioaktif, tetapi tidak semua radiasi berasal dari radioaktivitas.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon