October 18, 2018

Spesialisasi Sel Tubuh Manusia

Tubuh manusia terdiri dari sel yang berukuran mikroskopis. Bahan penyusun kehidupan ini bergabung dan bekerja secara harmonis untuk membentuk tubuh manusia yang berfungsi. Sementara banyak sel membentuk bagian tubuh sederhana, seperti jaringan, beberapa sel yang lain memiliki tugas yang lengkap dan rumit.

Spesialisasi Sel Tubuh Manusia

Sel khusus ini dirancang khusus untuk melakukan fungsi yang mereka inginkan. Masing-masing jenis sel ini terbentuk dan beroperasi secara berbeda, memastikan bahwa sel dapat melakukan fungsi tubuh yang diperlukan agar selesai.

Neuron


Neuron adalah sel khusus yang membawa pesan di dalam otak manusia. Sel-sel ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sementara sel-sel ini berbagi beberapa kesamaan dengan sel lain, mereka juga memiliki fitur khusus yang memungkinkan mereka melengkapi fungsi komunikatif yang diperlukan. Sel-sel ini memiliki juluran yang disebut dendrit dan akson yang membawa informasi ke dan, melepaskan informasi dari, sel itu sendiri. Beberapa juga mengandung struktur dan membawa bahan kimia yang khusus untuk komunikasi elektrokimia, memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain dan membuat pemikiran dasar dan fungsi tubuh memungkinkan.

Sel Otot


Sel otot membuat gerakan menjadi mungkin. Sel silindris ini terbuat dari serat berpita yang memungkinkan kontraksi. Melalui fungsi sel khusus ini, tubuh manusia dapat menyelesaikan berbagai macam tugas berbasis gerakan. Sel-sel ini, seperti banyak di tubuh manusia, bergabung bersama untuk menciptakan struktur tubuh yang lebih besar.

Sel Sperma


Sel sperma khusus diperlukan untuk reproduksi manusia. Sel-sel ini sebagian besar terdiri dari nukleus. Tidak seperti beberapa sel stasioner, sel-sel ini sangat bergerak karena mereka harus bergerak untuk menemukan sel telur agar pembuahan terjadi. Mitokondria di dalam sel sperma memberi energi sehingga sel khusus tipe ini perlu bergerak dengan kecepatan tinggi.

Sel Darah Merah


Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh, mengantarkannya ke organ tubuh yang membutuhkan gas yang memberi kehidupan ini. Sel-sel ini kekurangan bermacam-macam potongan yang umumnya terkait dengan sel, termasuk mitokondria dan nukleus. Tidak adanya organel ini memungkinkan sel membawa lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh. Sel jenis ini didominasi oleh hemoglobin, bahan kimia yang memungkinkan penyerapan dan pengangkutan oksigen.

Leukosit


Sel leukosit bekerja untuk menjaga agar tubuh manusia bebas dari infeksi. Sel-sel ini menemukan dan menghancurkan mikroba dalam tubuh manusia, merespons dan mengobati infeksi. Karena sel-sel ini harus pindah ke tempat infeksi, mereka sangat mobile dan bahkan mampu mendorong melalui dinding kapiler bila diperlukan untuk mencapai tempat infeksi. Leukosit sangat fleksibel, mampu menggeser bentuk seperlunya saat mereka bergerak ke seluruh tubuh.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon