October 3, 2018

Teknik Meditasi untuk Pemula

Teknik meditasi untuk pemula yang dijelaskan oleh Reza Gunawan, seoang praktisi penyembuhan holistik dari True Nature Holistic and Healing, dapat dilakukan oleh siapapun di rumah. Cara meditasi ini dapat dilakukan oleh mereka yang baru memulai meditasi.

Teknik Meditasi untuk Pemula

Olah Raga Pikiran


Meditasi adalah olahraga pikiran yang bisa memperkuat dan melenturkan batin. Dengan demikian, segala permasalahan tidak mudah mengguncang batin. Selain itu, meditasi membantu kita mengenal diri kita yang seutuhnya, dan lebih berkonsentrasi menghadapi masa kini.

Meditasi juga bukanlah mengosongkan pikiran, melainkan mengosongkan diri dari perasaan dan pikiran negatif (seperti benci, iri, dan kebohongan), lalu mengisinya dengan kebaikan, kasih sayang, dan konsentrasi. Meditasi dapat membantu membersihkan jiwa dan mempercantik batin. Itulah mengapa meditasi menjadi salah satu sarana detoksifikasi.

Instruktur Meditasi


Reza Gunawan menyarankan, melakukan meditasi sebaiknya didampingi oleh instruktur. Mengapa? Supaya ada umpan balik dari cara meditasi yang dipelajari. Instruktur tersebut akan memberi tahu cara meditasi yang benar, mendeteksi kemajuannya, dan mengajarkan cara mengadaptasi teknik meditasi itu sesuai kepribadian kita masing-masing.

Bila tak sempat pergi ke tempat khusus belajar meditasi, Anda bisa melakukan teknik dasar meditasi di rumah. “Tapi, perlu diingat, lakukan latihan ini secara teratur. Bukan seperti obat, yang dimakan saat sakit dan ditinggalkan saat sehat. Meditasi adalah praktik seumur hidup untuk membersihkan sampah pikiran dan hati,” kata Reza.

Sebelum Anda mempraktekkan teknik meditasi dibawah ini pahami juga tentang sikap atau posisi dalam meditasi.

Teknik Meditasi


1. Carilah tempat dan waktu yang tetap agar tidak terganggu oleh hal apa pun.

2. Ambil posisi duduk meditasi, yaitu bersila dengan kaki kanan berada di atas. Punggung ditegakkan. Jangan bersandar supaya tidak mengantuk. Letakkan tangan di pangkuan dengan kedua telapak menghadap ke atas.

3. Pejamkan mata, tempelkan ujung lidah di langit-langit mulut bagian atas.

4. Mulailah dengan doa agar Tuhan memberi tuntunan untuk menjalani penyeimbangan lahir dan batin.

5. Berkonsentrasi pada pernapasan. Bernapaslah secara normal. Anda hanya perlu mengamati dan merasakan udara yang masuk, keluar, dan seterusnya. Jika pikiran teralih, kembalikan konsentrasi pada pernapasan.

6. Lakukan latihan ini selama 10 menit. Kemudian, tingkatkan menjadi 15 menit, dan selanjutnya 20 menit.

7. Pemula boleh menggunakan aromaterapi atau musik pengantar. Tapi, sebaiknya tidak untuk sepanjang meditasi. Hanya 10 menit di awal saja. Karena, jika terbiasa memakai musik atau wangi tertentu, pikiran kita terjebak pada musik dan aroma itu saja. Tidak bisa lebih mendalam lagi.

30 Menit Meditasi


Jika telah terbiasa dengan waktu 20 menit anda dapat tambahkan menjadi 25 menit begitu seterusnya hingga Anda mampu bertahan hingga 30 menit.

Mengapa harus 30 menit? Secara rata-rata proses detoksifikasi akan terjadi setelah meditasi berlangsung antara 20 hingga 30 menit.

Meditasi adalah olah pikiran agar Anda dapat terhubung dengan spirit atau jiwa anda. Untuk mengimbangiolah pikiran maka rajinlah juga untuk berolah raga sehingga balance.

Teknik Meditasi Lainnya


Di Indonesia telah banyak dikembangkan berbagai teknik meditasi yang telah terbukti memberi manfaat bagi banyak orang, bukan saja di Indonesia tapi di dunia. Antara lain, meditasi kesehatan Bali Usada yang dikembangkan oleh Merta Ada, Meditasi Relaksasi Spirit yang dikembangkan oleh Prof. Suryani seorang guru besar dalam bidang psikiatri (kedokteran jiwa), Meditasi Hening , Meditasi Mengenal Diri, dll.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon