November 7, 2018

Apa Itu Pengertian dari Stomata?

Mungkin sebagian besar dari anda sudah paham apa yang dimaksud dengan stomata. Terlebih lagi untuk anda yang aktif dalam dunia ilmu pengetahuan alam atau yang dimaksud dengan sains. Namun untuk anda yang tidak terlalu aktif dalam dunia ilmu pengetahuan atau dunia sains dan belum paham apa itu stomata. Artikel ini akan mengulasnya hanya untuk anda.

Apa Itu Pengertian dari Stomata

Lalu apa sebenarnya stomata tersebut? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan serta penjelasannya di bawah ini. Stomata merupakan salah satu bagian yang ada pada tumbuhan, lebih tepatnya adalah bagian daun. Stomata menurut para ahli adalah lubang atau celah yang ada pada jaringan epidermis dalam tumbuhan yang berwarna hijau. Sel-sel atau jaringan inilah yang dibatasi secara khusus oleh bagian yang disebut dengan sel penutup.

Seperti yang kita tahu bahwa organ tumbuhan yang berwarna hijau terdiri dari daun. Berbicara dengan stomata dan sel penutupnya, tentu saja tidak jauh-jauh dari sel tetangga. Lalu apa lagi yang dimaksud dengan sel tetangga tersebut? Sel tetangga merupakan sel penutup yang dikelilingi oleh beberapa sel yang bentuknya sama, hampir sama, atau yang berbeda dengan sel epidermis lainnya yang berada berdekatan dengan sel penutup.

Oleh karena itu, tidak heran jika sel tersebut dinamakan dengan sel tetangga. Stomata, ternyata juga memiliki beberapa tipe atau jenis, diantaranya adalah stomata tipe anomositik atau ranuculaceae yang banyak dijumpai pada tumbuhan keluarga, tipe anisositik atau cruiferae yang merupakan sel penutup dengan dikelilingi tiga buah sel tatangga yang berukuran berbeda, tipe parasitic atau rubiceae yang dikelilingi oleh satu sel tetangga dengan sumbu yang panjang dan sejajar dengan sumbu penutup, dan juga tipe diasitik yang dikelilingi oleh dua sel tetangga.

Inilah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan stomata beserta dengan penjelasannya. Bagaimana, sudah paham bukan? Jadi kesimpulannya stomata adalah salah satu organ yang terdapat pada tumbuhan. Semoga dengan adanya ulasan dan penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan serta informasi untuk anda. Semoga bermanfaat.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon