Bahan Alami untuk Atasi Kulit Berminyak

Memiliki kulit wajah yang berminyak memang suka bikin gemas. Selain tampilannya terlihat mengganggu, wajah pun jadi lebih mudah berjerawat akibat terkontaminasi dengan debu dan kotoran. Tak hanya itu saja, kulit wajah yang terlalu berminyak juga dapat membuat makeup juga mudah luntur.

Bahan Alami untuk Atasi Kulit Berminyak

Rasanya tentu repot sekali jika harus touch up sesering mungkin untuk memastikan tampilan makeup tetap prima. Selain menggunakan rangkaian produk skin care yang diformulasikan khusus kulit berminyak, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, lho! Contohnya saja lima bahan alami berikut ini.

1. Seledri


Biasanya, para ibu rumah tangga menggunakan daun seledri untuk menambah cita rasa sekaligus mengharumkan aroma masakan. Di balik kegunaannya sebagai bahan pelengkap masakan, daun seledri ternyata juga bermanfaat untuk merawat kulit wajah. Seledri diketahui mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E yang dikenal baik untuk menutrisi sekaligus merawat kulit. Kandungan vitamin C dan E pada daun seledri dipercaya dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah tanpa membuat kulit jadi kering. selain itu, kandungan vitamin A pada seledri juga dapat merangsang produksi kolagen yang menjadikan kulit wajah jauh lebih kenyal.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, cukup ambil tiga batang seledri, kemudian cuci bersih dan iris kecil. Tempatkan pada wadah, lalu tuangkan air mendidih dan tutup dengan kain bersih. Biarkan hingga dingin, kemudian simpan di kulkas. Gunakan air rendaman daun seledri ini untuk membilas wajah sebelum tidur. Lakukan setiap hari agar kulit wajah terbebas dari minyak berlebih.

2. Gandum


Gandum mengandung saponin sebagai emolien yang baik untuk melembutkan dan berperan sebagai pasokan air untuk setiap sel kulit. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung anti-oksidan dan vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk perawatan kecantikan kulit, gandum dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk mengurangi minyak pada wajah berkat kemampuan menyerap minyak yang dimilikinya. Selain itu, gandum juga kaya akan magnesium, phosphorus, manganese, selenium, dan zinc yang berfungsi untuk menyeimbangkan hormon penyebab jerawat.Untuk mendapatkan manfaat tersebut, jadikan gandum sebagai masker.

Caranya mudah, yakni dengan mencampur beberapa sendok gandum dengan satu sendok teh madu dan ½ sendok teh air perasan lemon. Kemudian, campur semua bahan hingga menjadi seperti pasta. Setelahnya, oleskan secara merata pada seluruh area wajah dengan menghindari kulit sekitar mata dan bibir. Diamkan sekitar 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, produksi minyak pun akan jadi jauh lebih terkontrol.

3. Bubuk Kayu Cendana


Pasti banyak yang belum tahu jika kayu cendana memiliki banyak manfaat kecantikan. Kayu cendana sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kecantikan kulit. Bahan alami ini memiliki sifat antimikroba yang bisa mengatasi beberapa masalah kulit, seperti jerawat dan kulit berminyak. Untuk mendapatkan manfaat kayu cendana, campurkan sedikit bubuk kayu cendana dengan air atau mencampurnya dengan tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan secara merata pada wajah selama beberapa menit hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Rasakan perubahan yang signifikan pada wajah setelah rutin memakai masker ini.

4. Kacang Almond


Kacang almond memiliki beberapa kandungan penting yang mendatangkan manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan yang terdapat pada almond, antara lain vitamin A dan vitamin B, anti-oksidan, serta asam folat. Kandungan asam folat pada kacang almond sendiri bermanfaat untuk mengangkat kelebihan minyak pada wajah. Baik dengan dikonsumsi langsung maupun dijadikan sebagai masker wajah, keduanya bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Jojoba Oil


Jojoba oil merupakan minyak yang diekstrak dari buah jojoba. Meskipun teksturnya berupa minyak, namun essential oil ini tetap dapat diserap dengan cepat tanpa menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, jojoba oil juga bisa menyeimbangkan pH pada kulit sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih di kulit wajah. Jika memilih bahan alami ini sebagai solusi untuk mengurangi minyak di wajah, caranya mudah. Pertama, pastikan terlebih dahulu wajah sudah berada dalam keadaan bersih. Kemudian, oleskan jojoba oil secara merata pada wajah, diamkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas bilas dengan menggunakan air suam-suam kuku.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this