Cara Hidup Sehat Agar Lebih Aktif

Tinggal di pinggiran kota besar, adalah tantangan bagi beberapa orang ketika harus menuju ke tempat beraktivitas di pusat kota. Pekerja yang commute atau harus pulang pergi dengan jarak yang jauh antara rumah dan tempat beraktivitasnya harus rela antri, menunggu, dan berhimpitan di transportasi umum ataupun di jalan.

Cara Hidup Sehat Agar Lebih Aktif

Lalu bagaimana Cara Hidup Sehat Agar Lebih Aktif meskipun selalu menjalani aktivitas commute ini? Tenang, Anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini.

1. Gunakan pakaian yang nyaman


Sebelum berangkat, pastikan Anda menggunakan pakaian yang nyaman untuk bergerak aktif di jalan. Pilihlah baju dengan bahan yang nyaman, tidak terlalu pas badan, dan pastikan pakaian tersebut juga tidak mudah sekali lecek dibawa berhimpitan di transportasi umum. Dengan begitu pergerakan Anda di jalan juga akan leluasa.

2. Kalau masih bisa ditempuh dengan jalan, jangan disia-siakan


Jalan adalah aktivitas fisik yang murah dan sangat praktis. Kalau dari stasiun atau halte masih bisa jalan ke tempat tujuan Anda, kenapa harus menggunakan alat transportasi lain? Ini justru cara hidup sehat yang jangan sampai Anda sia-siakan. Sisipkan gaya hidup sehat ini di tengah kesibukan. Jalan di pagi hari justru juga jadi cara Anda mengumpulkan energi atau pemanasan untuk memulai aktivitas.

Bukan hanya itu, berjalan secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko terjadinya diabetes bahkan hingga 40% lebih rendah dibandingkan orang yang menggunakan alat transportasi berbasis mesin seperti mobil dan motor menurut penelitian di Imperial College London yang dilaporkan dalam laman American Association for the Advancement of Science.

Nah, maka itu kalau memang ada kesempatan jalan di perjalanan pulang pergi Anda, jangan disia-siakan, ya.

Jangan lupa, gunakan alas kaki yang nyaman selama berjalan agar tidak menyiksa kaki Anda sendiri.

3. Perhatikan lingkungan sekitar untuk mendapatkan inspirasi


Tahukah Anda ketika Anda mendengarkan dan mengamati orang di sekitar, secara tidak sadar Anda mendapatkan gagasan atau ide-ide baru yang mungkin ini diperlukan untuk membantu pekerjaan Anda.

Setidaknya, dengan memerhatikan lingkungan sekitar Anda mendapatkan informasi baru yang dibaca orang, dipakai orang, dan dikatakan orang lain.

Wawasan ini membuka cara pikir Anda untuk selalu berkembang dan tidak hanya pusing memikirkan beban kerja yang Anda miliki. Meskipun sepele, namun cara hidup sehat satu ini bisa buat lebih rileks sejenak setelah menemui banyak pekerjaan.

4. Jangan lupa bersosialisasi


Pulang pergi jauh, jangan sampai membuat Anda hanya tertuju pada smartphone. Melihat sesekali smartphone boleh saja, tetapi di jalan adalah waktunya untuk bersosialisasi. Manusia pada dasarnya adalah mahkluk sosial yang akan merasa nyaman ketika bersosialisasi. Maka itu, bersosialisasi bisa jadi cara hidup sehat paling praktis dan membahagiakan.

Anda bisa berangkat bersama-sama teman ke tempat tujuan dan menghabiskan waktu perjalanan dengan ngobrol untuk mengurangi stres yang Anda hadapi.

Bukan hanya itu, merespon pertanyaan orang lain, merespon kata permisi dari penumpang lain, tersenyum pada orang lain juga bisa jadi ajang Anda bersosialisasi, kok. Tahukah Anda saat Anda terbuka untuk bersosialisasi, suasana hati akan lebih bahagia dan ini akan memengaruhi cara Anda dalam berpikir. Produktifitas kerja Anda pun bisa jadi lebih baik dengan hati yang bahagia.

5. Selalu bawa minum


Perjalanan yang panjang, butuh banyak transit, dan macet selalu menghantui Anda setiap hari. Semakin banyak tekanan dan polusi yang ada di sekitar tubuh Anda.

Saat situasi ini pun Anda jadi sulit mendapatkan air minum. Maka itu, jangan lupa cara hidup sehat yang paling mendasar yakni bawa botol minum. Minum sangat penting untuk menjaga hidrasi tubuh Anda dengan selama di perjalanan. Status hidrasi ini sangat penting agar Anda bisa konsentrasi dengan baik dan semakin aktif.

Namun jangan terlalu banyak minum air selama di jalan, sebab bisa membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi. Bawa botol dari rumah agar lebih praktis di jalan.

Anda hanya perlu mengisi botol minum bisa di malam hari, dan pagi hari segera berangkat ke tempat tujuan.

6. Lakukan hal yang berguna


Masalah yang terjadi di jalan bisa membuat orang justru semakin stres. Namun, untuk mengatasi ini lakukan hal yang bisa bermanfaat untuk Anda selanjutnya. Misalnya, membuat to do list esok hari, membaca buku, dan lain sebagainya.

Perilaku yang Anda lakukan di jalan benar-benar memengaruhi kondisi mental dan fisik Anda sendiri. Maka itu, lakukan hal yang memang bermanfaat di sepanjang jalan.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this