Cara Mencegah dan Mengusir Nyamuk

Setelah sebelumnya saya menulis artikel tentang Apa Fungsi dan Manfaat Nyamuk, kali ini Kabar Sehat akan berbagi tentang Cara Mencegah dan Mengusir Nyamuk. Walaupun memang nyamuk memiliki manfaat tapi tetap saja akan merugikan jika kita terus-menurus digigit nyamuk nah jadi yuk langsung saja kita baca artikel cara mencegah dan mengusir nyamuk bandel di sekitar anda.

Cara Mencegah dan Mengusir Nyamuk

1. Kemangi


Memang tidak banyak orang yang menyukai masakan yang menggunakan kemangi, namun selain sehat untuk tubuh karena mengandung vitamin di dalamnya, tanaman kemangi ternyata juga ampuh untuk dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Tanaman herbal ini memiliki kandungan senyawa yang alami dan baunya sangat menyengat bagi nyamuk.

2. Serai


Serai tidak hanya berfungsi sebagai bahan untuk penambah aroma pada makanan atau juga terkadang digunakan untuk bahan aroma terapi, tanaman satu ini juga merupakan salah satu pengusir nyamuk yang efektif. Cara menggunakan serai untuk mengusir nyamuk dengan menanam tanaman serai di sekitar rumah atau juga menggunakan ekstrak daun serai yang sudah menjadi minyak dan dipercik-percikkan di beberapa tempat yang terdapat sarang nyamuk.

Ada juga cara lain mengusir nyamuk dengan serai, caranya ambil daun serai, campurkan dengan air secukupnya lalu haluskan dengan blender. Diamkan kurang lebih 12 jam, kemudian saringlah daun serai yang diblender tadi, sehingga akhirnya menghasilkan cairan saja. Masukkan air serai tersebut ke dalam botol semportan, kemudian semprotkan ke berbagai sisi rumah anda agar nyamuk lari kocar-kacir.

3. Bawang putih


Bawang putih juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Bawang putih juga obat alami yang efektif untuk membunuh baktri dan virus selain nyamuk dan serangga. Selain disarankan untuk menjadikannya sebagai hidangan, Anda juga dapat menggunakan parutan bawang putih dengan mengoleskannya ke kulit untuk menghindari gigitan nyamuk.

Caranya dengan menyiapkan beberapa potong bawang putih, lalu rebus dalam air mendidih. Masukkan air rebusan tersebut ke dalam botol semprotan nyamuk. Lalu semprotkan air bawang putih tersebut dalam ruangan/kamar. Jika anda tidak bermasalah dengan bawang putih, anda juga bisa mengoleskannya langsung ke kulit anda.

4. Krisan


Selain merupakan bunga yang baunya tidak disukai nyamuk, krisan juga berfungsi sebagai pengusir serangga-serangga lainnya. Coba untuk menanam krisan di sekitar rumah atau juga menempatkannya di sudut-sudut ruangan, maka nyamuk akan pergi tanpa anda usir...

5. Kulit jeruk


Kulit jeruk sudah terkenal sebagai bahan alami yang dapat mengusir nyamuk walaupun tidak 100 persen ampuh untuk mengusir nyamuk, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan kulit jeruk sebagai bahan pengusir nyamuk. Ada senyawa khusus yang tingkatnya rendah dan baunya tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya yang terdapat pada kulit jeruk. Caranya dengan menaruh kulit jeruk kering di ruangan anda. Dengan begitu, selain memberi wangi aroma jeruk alami pada ruangan juga dapat mengusir nyamuk-nyamuk nakal disekitarnya.

6. Minyak Lavender dan Ragi


Anda bisa membuat obat nyamuk alami dengan menggunakan lavender dan ragi. Caranya: siapkan minyak lavender, lalu larutkan minyak lavender dengan menambahkan air sekitar 10% dari banyaknya minyak lavender, juga ragi secukupnya. Aduk hingga larut sehingga menjadi cairan lalu simpan pada wadah di ruangan anda sehingga aromanya akan membuat nyamuk ogah mendekat.

7. Minyak Kayu Putih dan Lemon


Campuran minyak kayu putih dan lemon direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) sebagai cara mengusir nyamuk secara alami. Lemon dan minyak kayu putih mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan penolak serangga ketika diterapkan pada kulit. Caranya dengan mencampur minyak kayu putih dan tetesan lemon dalam proporsi yang sama, oleskan pada tubuh anda agar nyamuk tidak mau mendekati anda.

8. Bubuk Kopi


Cara sederhana untuk mengusir nyamuk lainnya adalah dengan bubuk kopi. Caranya pun sangat mudah, yakni taburkan bubuk kopi di area rumah dan sekitarnya yang memiliki genangan air. Telur nyamuk yang ada dalam air genangan tersebut akan muncul ke permukaan air karena bubuk kopi. Ketika telur nyamuk menempel di bubuk kopi dan naik ke permukaan, mereka akan kehilangan oksigen dan mati. Cara ini akan menghambat benih nyamuk menetas dan mencegah nyamuk berkembang biak.

9. Kapur Barus


Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kapur barus / kamper. Caranya: Siapkan terlebih dahulu satu gelas air. Kemudian masukkan beberapa butir kapur secukupnya. Cukup letakkan gelas yang berisi air dan kapur barus di sudut ruangan anda atau di bawah meja dan tempat tidur, nyamuk-nyamuk akan banyak menempel dan mati didalam air berisi kapur barus tersebut.

10. Mengusir Nyamuk dengan Ultrasonik


Sudah tahukah anda bahwa nyamuk tidak tahan dengan bunyi tertentu? Yakni gelombang ultrasonik, gelombang suara dengan frekuensi di atas 20 kiloHertz yang bisa didengar oleh berbagai serangga termasuk nyamuk. Dengan mendengar gelombang ultrasonik tersebut, nyamuk akan terganggu dan akan segera lari kocar kacir. Cara ini sudah banyak diadaptasi dengan penemuan-penemuan berbagai macam alat pengusir nyamuk yang mudah dalam menggunakannya. Salah satu penemuan alat pengusir nyamuk adalah robot O-Mos, temuan mahasiswa UGM, yang berupa lampu hias.

Cara pemakaian alat pengusir nyamuk ini sangat mudah, karena robot O-Mos dapat berputar sampai 180 derajat dan memancarkan suara ultrasonik. Dengan mengaktifkan robot O-Mos dapat mencegah nyamuk menghampiri anda. Penemuan yang lain adalah berupa aplikasi pengusir nyamuk bernama AntiGnat. Aplikasi berbasis java ini penggunaannya sangat mudah, cukup dengan mendownload dan install pada komputer/pc/handphone anda lalu aktifkan aplikasi pengusir nyamuk tersebut dan berbagai macam jenis nyamuk akan ogah mendekatinya.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this