Cara Mencegah Kerutan di Wajah

Keriput atau kerutan merupakan salah satu tanda dari penuaan dini. Munculnya masalah tersebut sangatlah wajar dan merupakan kondisi alamiah seseorang. Biasanya kerutan dapat muncul di bagian dahi, bawah mata, pipi, dan area wajah lain. Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, namun keriput bisa membuat wajah kamu nampak lebih tua dari umur aslinya.

Cara Mencegah Kerutan di Wajah

1. Kurangi, Hindari, Jangan Sampai Stress


Stress dapat berdampak buruk pada kepribadian seseorang, tak terkecuali dengan kondisi tubuhnya. Walaupun situasi sedang sulit karena pekerjaan dan masalah menumpuk, sebaiknya anda tetap berpikiran positif dan relaksasi. Bisa jadi cara yang paling mudah dan sangat bermanfaat untuk mengatasi strees adalah mempertebal keimanan dan banyak-banyaklah beribadah. Biarkan segalanya mengalir seperti air. Toh, setiap persoalan pasti akan ada jalan keluarnya kan.

2. Hindari kebiasaan merokok dan minum kopi


Penuan dini yang menyebabkan kulit keriput dapat diatasi dengan menghindari kebiasaan merokok dan minum kopi. Penyebabnya adalah kandungan nikotin dan cafein yang dihasilkan dapat menjadi salah satu pemicu radikal bebas sehingga berakibat buruk bagi tubuh. Begitu pula pengaruhnya bagi kulit akan mengurangi tekstur kelembutan dan kekencangannya.

3. Jaga kebersihan kulit wajah dan badan anda


Mandi dan aktivitas membersihkan wajah merupakan cara yang wajib untuk dilakukan agar tubuh senantiasa bugar dan terhindar dari masalah kulit keriput.

4. Rajin mengkonsumsi air mineral


Air putih merupakan sumber mineral penting untuk mengatasi dehidrasi dan menjaga kebugaran tubuh. Setidaknya upayakan untuk minum 2 liter air putih per hari, Terutama pada pagi dan malam hari untuk mencegah penuaan dini dan kulit keriput.

5. Atur pola hidup terutama jam tidur


Begadang atau tidur terlalu larut malam dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan juga untuk kekencangan kulit. Agar hal ini tidak terjadi, cobalah atur kembali cara istirahat anda yang cukup. Bila tidak ada urusan atau kegiatan yang penting, usahakan untuk tidur jam 9 malam, agar pagi harinya dapat bangun dalam keadaan fresh.

6. Mengatasi keriput dengan makanan yang kaya antioksidan


Seperti halnya bagian tubuh yang lain, kulit wajah juga membutuhkan makanan dan asupan nutrisi penting untuk menjaga stabilitas hormon dan kelenjar yang ada. Oleh sebab itu, makan buah dan sayuran yang kaya antioksidan diperlukan untuk tujuan tersebut. Beberapa diantaranya adalah apel, tomat dan wortel merupakan gabungan sayuran dan buah yang dapat dibuat sebagai jus.

7. Cegah timbulnya keriput dengan rajin berolah raga


Olahraga sudah barang tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Walaupun begitu, ternyata masih banyak orang yang malas berolahraga sehingga menimbulkan banyak persoalan penyakit pada tubuh. Begitu pula halnya jika anda malas berolahraga, maka kulit wajah akan terlihat layu, bahkan bisa jadi timbul keriput yang semestinya belum keluar karena usia yang masih cukup muda. Olahraga yang disarankan untuk mengatasi keriput di wajah bisa melakukan jogging di pagi hari. Dengan lari pagi, selain menghirup udara yang masih segar, juga dapat menjernihkan pikiran.

8. Pijat wajah secara rutin


Pijat singkat bisa membantu menghilangkan keriput di wajah dengan cepat. Usahakan memijat hanya pada bagian kelenjar getah bening, hal ini bertujuan untuk menguras bersih kelebihan berat air di wajah.

9. Mencegah Kerutan Keriput dengan Konsumsi Teh


Dengan Mengkonsusi teh maka dapat menyehatkan menjaga kulit tetap bersih dan bercahaya, menunda dan mengurangi munculnya keriput pada wajah juga kulit di bawah mata, bahkan dapat mencegah berbagai penyakit kulit. tapi disarankan jangan minum teh terlalu kental.

10. Mencegah Kerutan Keriput dengan Makan Ikan Salmon


Ikan salmon baik dikonsumsi dan bermanfaat untuk menyingkirkan kerutan pada areal sekitar bawah mata anda. Selain itu ikan selain salmon juga baik dikonsumsi karena banyak mengandung protein ekstra serta mengandung omega tiga dan asam lemak.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this