November 7, 2018

Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Anak

Memiliki anak kecil yang sedang sakit pastinya akan membuat kita sebagai orang tua merasa cukup khawatir bahkan tak sedikit yang panik menghadapinya, karena setiap orang tua pasti mengharapkan buah hatinya selalu sehat dan ceria setiap saat.

Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Anak

Namun tak dapat dipungkiri bahwasanya anak-anak masih rentan jatuh sakit karena memang daya tahan tubuhnya yang masih lemah, apalagi saat musim pancaroba dan pergantian cuaca akan membuat anak-anak rentan terkena masuk angin, flu dan pilek. Jangankan anak kecil, orang dewasa saja kalau tak menjaga kebugara tubuhnya juga akan rentan terkena penyakit tersebut di musim yang tak bersahabat.

Ciri-ciri anak masuk angin


Ada beberapa tanda dan ciri-ciri seorang anak mengalami masuk angin sebagai berikut :

  • Anak merasa kedinginan
  • Badan terasa panas ketika dipegang
  • Kurang nafsu makan
  • Perut terasa kembung
  • Sering buang angin
  • Perut mual dan bahkan muntah
  • Diare
  • Kadang disertai flu dan batuk
  • Anak jadi rewel

Jika anak anda mengalami gejala masuk angin seperti yang telah saya sebutkan diatas, jangan panik dan buru-buru dibawa kerumah sakit karena hal itu bisa kita tangani sendiri secara alami dengan memberikan penanganan yang tepat agar masuk angin segera lewat.

Cara mengatasi masuk angin pada anak


Melihat anak kita yang sedang masuk angin, pastinya akan membuat kita sedih dan gundah gulana, apalagi jika si anak tersebut rewel dan nagis terus tentunya akan membuat seorang ibu cukup panik dalam menghadapi keadaan ini.

Penanganan masuk angin pada orang dewasa tentunya berbeda dengan anak-anak, setidaknya ada 6 cara efektif yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak masuk angin yang saya uraikan sebagai berikut.

Oleskan minyak kayu putih


Jika anak anda mengalami masuk angin, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengoleskan minyak kayu putih di badannya terutama bagian leher, badan dan telapak kaki anak anda. Tindakan ini akan memberikan kehangatan pada anak yang merasakan kedinginan akibat masuk angin.

Memberikan air putih hangat


Selain itu tindakan lainnya yang cepat bisa anda lakukan adalah dengan memberikan anak yang mengalami masuk angin dengan air hangat, tindakan ini akan memberikan rasa segar pada tenggorokan anak sehingga akan mengurangi rasa mual dan muntah yang dialaminya.

Memberikan air jahe + madu


Tindakan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membuat ramuan tradisional untuk mengobati anak masuk angin dengan bahan utama jahe dan madu yang terbukti efektif untuk mengobati masuk angin serta membuat badan menjadi lebih segar.

Cara membuatnya cukup mudah yakni ambil 1 ruas jahe kemudian geprek dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas kemudian tambahkan 1 atau 2 sendok madu dan berikan kepada anak selagi hangat.

Memberikan makanan hangat berkuah


Biasanya orang yang mengalami masuk angin akan kehilangan selera makan, namun jika tak di berikan asupan makanan maka tubuh akan menjadi semakin lemah. Oleh sebab itu ketika anak anda mengalami masuk angin, perhatikan juga pola makan dan gizinya agar cepat pulih.

Salahsatunya yang bisa anda lakukan adalah memberikan makanan yang hangat dan berkuah seperti sup ayam misalnya yang memiliki kandungan gizi dan biasanya sangat digemari oleh anak-anak pada umumnya.

Memberikan pakaian hangat


Hal mudah lainnya yang bisa anda lakukan untuk membuat anak yang sedang masuk angin menjadi lebih nyaman adalah memakaikan padanya pakaian yang agak tebal dan hangat. Dengan pakaian tersebut akan membantu menghangatkan tubuhnya yang sedang mengalami kedinginan.

Memberikan pijatan


Satu lagi cara yang bisa anda lakukan dirumah untuk mengatasi masuk angin pada anak adalah dengan melakukan terapi pemijatan dengan pijatan lembut pada titik refleksi masuk angin yang bisa anda pelajari letak titiknya pada artikel saya terdahulu.

Melakukan terapi pijat refleksi pada anak berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar sehingga penyakit masuk angin bisa cepat teratasi tanpa perlu panik dan tak membutuhkan banyak biaya.

Jadi jika anak masuk angin yang disertai muntah dan mencret, sekarang tak perlu panik lagi karena sudah tahu tindakan apa yang harus dilakukan jika sedang menghadapi masalah tersebut. Hanya saja jika dalam kurun waktu 3 hari gejala masuk angin tak kunjung sembuh, barulah anda membawanya kerumahsakit karena dikhawatirkan ada masalah lain yang dialami yang memiliki gejala mirip dengan masuk angin.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon