Contoh Kegunaan Natrium Dalam Kehidupan

Natrium adalah salah satu unsur yang paling banyak dibicarakan dan digunakan. Ini tidak tersedia dalam bentuk molekul atau bentuk unsur. Tetapi tersedia dalam banyak sebagai berbagai senyawa.
Ini banyak digunakan di rumah tangga, industri dan juga laboratorium penelitian. Sebagai ion Na +, itu hadir di semua hewan dan tumbuhan. Berbagai senyawa natrium dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Kegunaan Natrium Dalam Kehidupan

Garam Natrium


Garam natrium banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian besar obat yang kita gunakan untuk pengobatan penyakit adalah beberapa bentuk garam natrium. Contoh: Sebuah antibiotik cefixime tersedia sebagai garam natriumnya yaitu natrium cefixime. Obat ini diubah menjadi garam natrium dalam industri farmasi untuk meningkatkan kelarutan dan stabilitas penyimpanannya.

Garam Rehidrasi Oral


Terapi ORS direkomendasikan oleh WHO untuk mengobati dehidrasi. Tubuh terasa lemah karena diare akut, keringat berlebih, dll. Garam ORS ini terdiri dari natrium klorida bersama dengan bahan lainnya. Ketika diambil dengan air, terapi ORS ini membatasi kemungkinan kematian, terutama pada anak-anak dan orang usia lanjut.

Rasa Dalam Makanan


Natrium klorida adalah bahan kimia umum yang digunakan sebagai garam meja. Itu digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memasak makanan. Ini menanam rasa asin yang tidak dapat digantikan oleh zat lain.

Ini banyak dijual dalam bentuk bubuk dan juga sebagai butiran kasar. Tidak ada makanan yang lezat tanpa disertakan di dalamnya. Selain itu, penambahannya dalam makanan memberi kekuatan pada tubuh karena merupakan ion esensial. Ini memainkan peran penting dalam konduksi saraf, transportasi membran sel, mempertahankan air tubuh, dll. Oleh karena itu, jika Anda membatasi asupan garam Anda, tiba-tiba Anda bisa merasa lebih lemah. Namun, mengonsumsi dalam jumlah besar berbahaya bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Dalam Pengobatan Racun


Natrium bikarbonat (NaHCo3) adalah senyawa lain yang mengandung natrium. Ini banyak digunakan dengan cara yang berbeda. Pengobatan keracunan dalam keadaan darurat Medis: Natrium bikarbonat digunakan dalam kasus keracunan karena salisilat dan obat asam lainnya. Ini membantu menghilangkan racun asam dari tubuh melalui urin. Di sini, natrium bikarbonat diberikan dalam bolus melalui jalur intravena. Ini alkalinizes darah dan mempertahankan obat asam di kompartemen darah dan mengusirnya dalam urin.

Sebagai antasida: Natrium bikarbonat bersifat basa. Ini digunakan sebagai antasid sistemik untuk meredakan asam lambung. Ini adalah obat rumah yang baik untuk sakit perut dan keasaman. Satu sendok makan penuh dicampur dengan air hangat bersama gula. Larutan ini ketika dikonsumsi langsung memberikan bantuan dari keasaman. Oleh karena itu ini telah menjadi obat rumah tangga teruji untuk keasaman. Ia membebaskan gas karbon dioksida di perut dan membantu pengusiran gas dari perut. Jadi perut kembung lega. Selain itu, sifat basanya bereaksi dengan asam hidroklorik yang berlebihan di lambung dan menetralkan untuk memberikan bantuan dari rasa asam.

Untuk memanggang makanan: Ini juga disebut “baking soda” dalam kehidupan sehari-hari. Bubuk soda kue. Ini ditambahkan untuk menanamkan fluffiness dalam makanan yang disiapkan. Ini juga merupakan bagian dari beberapa persiapan anti-asam yang digunakan dalam pengobatan keasaman lambung.

Untuk Analisis Kimia


Natrium hidroksida (NaOH) adalah bahan kimia yang banyak digunakan sebagai reagen alkalin di laboratorium. Ini adalah basa standar dan digunakan untuk menentukan kekuatan asam yang digunakan untuk titrasi asam-basa (titrasi netralisasi).

Dalam Pembuatan Sabun


Natrium hidroksida digunakan dalam pembuatan sabun. Ini membantu dalam saponifikasi asam lemak selama proses. Ini juga disebut soda kaustik karena kemampuannya untuk menginduksi kulit terbakar ketika kristal padat disimpan di tangan. Ini juga sangat higroskopis. Ini berarti menyerap air dari atmosfer. Ketika ditempatkan di tangan, itu menyerap kelembaban dari kulit yang menyebabkan iritasi dan luka bakar.

Soda Pencuci


Natrium karbonat (Na2CO3) dalam istilah umum, disebut soda pencuci. Natrium karbonat ini sedikit basa dan membantu menghasilkan busa. Seperti namanya, ini digunakan untuk mencuci pakaian oleh tukang cuci di masa lalu. Masih digunakan sebagai pencuci soda di beberapa tempat terpencil.

Pengawetan Makanan


Dalam membuat anggur: Natrium Bisulfit (NaHSO3) adalah senyawa natrium yang digunakan sebagai aditif makanan terutama dalam pembuatan anggur. Bisulfit natrium ini melepaskan gas sulfur dioksida yang membunuh ragi dan bakteri lain dalam anggur. Ini juga digunakan dalam pipa dan permukaan logam lainnya yang terbuat dari besi untuk mencegah korosi.

Perawatan Keracunan Sianida


Keracunan sianida diobati dengan menggunakan penawar racun dengan kombinasi vitamin-B12, natrium nitrit dan natrium tiosulfat.

Natrium Metabisulfit (NaS2O5)


Ini digunakan sebagai aditif makanan untuk mencegah oksidasi dan juga sebagai pengawet.

Pengendalian hama di bidang pertanian :

Natrium azide digunakan dalam pengendalian hama dalam pertanian. Natrium azida ini juga digunakan dalam kantong udara kecelakaan mobil. Selain itu, natrium adalah bagian dari banyak reagen kimia di laboratorium. Ini digunakan dalam mendeteksi klorin dalam senyawa organik (uji lassaigns).

Ini juga digunakan oleh tanaman setelah mengambilnya dari tanah dan air. Natrium dalam tumbuhan ini membantu dalam gerakan air dan mempertahankan tekanan osmotik. Singkatnya, ini membantu dalam pemeliharaan keseimbangan air di dalam tubuh tanaman.

Karena hubungannya langsung dengan air, disarankan untuk mengkonsumsi lebih sedikit zat natrium terkait pada mereka yang menderita hipertensi. Natrium ini membantu menahan air di dalam tubuh dan meningkatkan volume darah. Jadi volume yang meningkat ini membantu tekanan darah tinggi. Untuk meminimalkan tekanan darah, natrium ini dikeluarkan oleh obat-obatan untuk menurunkan kadar air dan dengan demikian volume darah.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this