November 7, 2018

Manfaat Air Zam-zam Menurut Islam

Kita sebagai umat islam pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya air zam-zam. Air suci yang penuh berkah ini hanya ada di kota Mekah Saudi Arabia tempat dimana Islam pertama kali lahir. Air ini juga sering dijadikan oleh-oleh yang tak boleh terlewat bagi mereka yang berkunjung ke mekah baik itu ketika ibadah haji atau umrah.

Manfaat Air Zam-zam Menurut Islam

Sumur atau mata air zam-zam berada di kawasan masjidil haram kota Mekah atau tepatnya disebelah tenggara baitullah. Sumur ini memiliki kedalaman 42 meter dan tak pernah kering sejak zaman nabi Ismail sampai sekarang meskipun jutaan liter diambil sumur tersebut terus mengeluarkan air bersih secara terus menerus.

Zam-zam dalam bahasa Indonesia berarti banyak dan melimpah ruah, nama tersebut sesuai dengan keadaan sumur air zam-zam yang selalu memancarkan sumber air dengan melimpah dan tak pernah habis meskipun telah diambil sebayak apapun. Padahal kalau kita lihat, sumur tersebut terletak di padang pasir yang sangat tandus dan seakan mustahil menghasilkan sumber air yang banyak dan melimpah.

Keistimewaan air zam-zam


Air zam-zam merupakan air yang memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan air manapun dimuka bumi, keutamaan dan manfaat air zam-zam telah di sebutkan oleh Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam pada hadist dalam Silsilah Ash Shahihah no. 1056 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani.

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ

“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.”

Dari kutipan hadits tersebut jelas bahwasanya Rasulullah mengatakan bahwasanya air zam-zam merupakan sebaik-baik air yang ada dimuka bumi, dengan meminum air zam-zam tak hanya akan menghilangkan haus dan dahaga semata, akan tetapi juga bisa mengenyangkan perut yang lapar.

Selain itu masih menurut hadits tersebut, manfaat air zam-zam juga bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Jadi selain sebagai minuman yang mengenyangkan, mengonsumsi air zam-zam juga bisa sebagai obat mujarab untuk penyakit yang anda alami.

Tak hanya itu, air zam-zam juga merupakan air yang diberkahi oleh Allah subhanahu wata’ala, hal itu telah disinggung dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh imam Muslim:

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim no. 4520)

Keistimewaan air zam-zam yang lain adalah merupakan air yang menjadi perantara mustajabnya sebuah do’a bagi peminumnya, karena itu sebelum meminum air zam-zam kita dianjurkan untuk berdo’a sesuai hajat masing-masing. Hal itu berdasarkan hadits rasulullah berikut ini:

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

“Air zam-zam sesuai keinginan ketika meminumnya.” (HR. Ibnu Majah)

Maknanya do’a apa saja yang yang di ucapkan ketika meminum air zam-zam merupakan do’a yang mustajab dan mudah dikabulkan oleh Allah subhanahu wata’ala.

Manfaat air zam-zam


Setelah kita mengetahui beberapa keutamaan air zam-zam berdasarkan hadits dari Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasalam tersebut, sekarang saya akan membahas tentang manfaat yang bisa kita peroleh dari air yang diberkahi tersebut.

Manfaat air zam-zam disini juga berdasarkan dari hadits yang telah saya jelaskan diatas dan merupakan rangkuman dari berbagai sumber terpercaya, dan berikut ini beberapa manfaat air zam-zam yang bisa anda dapatkan.

  • Air zam-zam merupakan minuman yang mengenyangkan
  • Zam-zam merupakan air murni yang baik untuk kesehatan peminumnya
  • Mengandung flourida yang merupakan zat anti kuman sehingga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit
  • Merupakan air yang menjadi sebab makbulnya do’a peminumnya
  • Mengandung 2 mineral kalsium dan magnesium sehingga menyegarkan bagi yang meminumnya
  • Tak mengandung mikro organisme sehingga tak tumbuh lumut pada air zam-zam
  • Air zam-zam akan melancarkan metabolisme tubuh
  • Menambah energi bagi ibu hamil

Dan masih banyak lagi berbagai manfaat mengonsumsi air zam-zam yang bisa dirasakan oleh peminumnya secara langsung atau tidak langsung, bagi anda yang belum pernah meminum air yang diberkahi ini, hendaklah mencobanya dan kalau memungkinkan bisa dikonsumsi sehari-hari untuk kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Saat ini sudah banyak agen yang menjual air zam-zam yang asli dari mekah yang bisa anda pesan secara online atau anda bisa juga mencari agen air ini di kota tempat anda tinggal, semoga dengan mengonsumsi air yang diberkahi ini, anda bisa merasakan manfaat air zam-zam lebih dari yang telah saya sebutkan diatas. Terimakasih semoga bermanfaat.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon