Pengertian dan Macam Gerak Nasti

Gerak Nasti merupakan salah satu istilah dalam ilmu pengetahuan alam yang sering kita dengar. Lalu apa sebenarnya gerak nasti tersebut? Gerak nasti adalah gerak yang terjadi pada tumbuhan yang mana arah gerakan tersebut tidak dipengaruhi oleh arah datangnya suatu rangsangan. Namun gerak nasti dipengaruhi oleh adanya rangsangan dari luar yakni cahaya, suhu, bahan kimia, sentuhan, ataupun kondisi gelap.

Pengertian dan Macam Gerak Nasti

Untuk macam-macamnya pun juga ada banyak. Mungkin anda yang berkecimpung dalam dunia sains atau ilmu pengetahuan sudah paham dengan macam-macam gerak yang ada pada gerak nasti. Untuk anda yang masih belum paham, berikut ini adalah penjelasannya.

Macam Gerak Nasti


Gerak nasti memiliki beberapa macam, diantaranya yang pertama adalah fotonasti. Fotonasti merupakan salah satu jenis gerak nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa cahaya. sebagai contoh adalah mekarnya bunga pukul empat yang terjadi pada sore hari. Jenis yang kedua adalah thermonasti. Thermonasti merupakan salah satu macam gerak nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa suhu.

Contohnya yaitu mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu. Jenis yang ketiga adalah Niktinasti yang merupakan gerakan nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa kondisi atau keadaan sekitar yang gelp. Misalnya tertutupnya daun turi dan daun lamtoro dikarenakan suasana dan kondisi yang gelap atau tidak ada cahaya.

Macam yang keempat adalah Seismonasti, yang mana merupakan gerakan nasti yang dipengaruhi oleh adanya rangsangan berupa sentuhan. Misalnya yaitu menutupnya atau menguncupnya daun putri malu jika disentuh. Namun jika dibiarkan lagi akan membuka kembali. Macam yang kelima adalah Kemonasti, yang mana ini adalah gerakan nasti yang dipengaruhi oleh adanya rangsangan berupa zat atau bahan kimia.

Sebagai contoh yakni membukanya mulut daun atau stomata pada siang jari karena adanya karbondioksisa. Jenis yang terakhir adalah nasti kompleks, yang mana merupakan gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh berbagai rangsangan. Jadi gerakan ini dipengaruhi oleh tidak hanya satu rangsangan, Contohnya gerakan membuka atau menutupnya mulut daun atau stomata yang terjadi karena adanya rangsangan matahari, suhu, zat kimia, dan rangsangan lainnya.

Inilah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai pengertian dan macam-macam gerak nasti. Semoga dengan adanya ulasan dan penjelasan di atas bisa menambah informasi dan pengetahuan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this