November 7, 2018

Tips Memilih Body Lotion yang Tepat

Merawat kesehatan kulit dipandang sangat penting baik bagi wanita maupun pria. Tidak hanya untuk kecantikan saja, namun juga kesehatan kulit yang harus dirawat dengan teratur. Salah satu produk perawatan kulit yang sering kita gunakan adalah body lotion.

Tips Memilih Body Lotion yang Tepat

Body lotion memang digunakan untuk merawat kesehatan kulit, melembabkan kulit kering, menjaga elastisitas kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari hingga mencerahkan kulit.

Memilih produk body lotion terdengar mudah, akan tetapi sebaiknya kita tidak asal memilih body lotion. Mengapa demikian?

Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, seperti kulit yang cenderung kering, kulit yang sensitif, kulit yang mudah gelap jika terkena matahari, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya produsen body lotion juga menjual produk dalam berbagai jenis dan kegunaan, karena kebutuhan kulit setiap orang berbeda-beda.

Tips Memilih Body Lotion yang Tepat

Memilih body lotion yang tepat dapat merawat kulit kita dengan maksimal, begitu pula sebaliknya, jenis body lotion yang kurang sesuai dengan kondisi kulit kita tidak akan merawat kulit dengan maksimal.

Sesuaikan Body Lotion dengan Kondisi Kulit Anda


Bagi Anda yang memiliki jenis kulit cenderung kering, sebaiknya Anda memilih produk yang lebih banyak mengandung minyak dan nutrisi. Kandungan minyak yang cukup banyak dapat memberikan kelembapan maksimal dan tahan lama pada kulit Anda.

Selain itu, body lotion yang berbentuk lebih padat seperti body butter adalah pilihan yang tepat karena kandungan minyaknya lebih banyak, sehingga kulit Anda akan terasa jauh lebih lembab.

Untuk kulit yang cenderung berminyak dan tidak terlalu kering, pilih body lotion dengan tekstur yang cenderung cair dan oil free, sehingga kelembapan kulit Anda tetap terjaga namun tidak membuatnya lebih berminyak. Selain itu, body lotion dengan tekstur yang lebih cair akan terasa lebih segar jika digunakan.

Tips Memilih Body Lotion yang Tepat

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, Anda tentu membutuhkan body lotion dengan kandungan SPF yang cukup tinggi. Beberapa produk body lotion mengandung kandungan SPF yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda agar kulit Anda terlindungi dari paparan sinar matahari secara maksimal.

Jika Anda telah menemukan body lotion yang sesuai dengan kulit Anda, untuk perawatan kulit yang maksimal dengan body lotion, pastikan Anda memakainya dengan benar. Inilah tips memakai body lotion dengan benar.

Gunakan Sehabis Mandi


Apakah saat yang paling tepat menggunakan body lotion? Jawabannya adalah sehabis mandi. Hal ini dikarenakan kondisi kulit biasanya masih lembab setelah mandi dan untuk menjaga kelembapan kulit dengan maksimal, langsung gunakan body lotion, bahkan ketika kulit Anda belum sepenuhnya kering.

Bagi Anda yang memiliki kulit sangat kering, pastikan Anda juga menggunakan sabun mandi yang mengandung pelembab.

Gunakan Minimal Dua Kali Sehari


Gunakan body lotion pada kulit Anda setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah mandi dan sebelum tidur saat malam hari. Bagi Anda ingin menjaga kelembapan kulit dengan maksimal, Anda juga dapat menggunakan body lotion kapan pun saat dibutuhkan, terutama jika Anda berada di ruangan ber-AC cukup lama.

Jadikan Kebiasaan


Merawat kulit sebaiknya menjadi kebiasaan agar kulit senantiasa sehat dan lembab. Letakkan body lotion di kamar mandi, kamar tidur atau dalam tas Anda agar Anda dapat menggunakannya dengan rutin.

Kebiasaan menggunakan body lotion setiap hari akan menjadikan body lotion bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda.

Gunakan Body Lotion dengan Merata


Banyak dari kita yang menggunakan body lotion hanya di area lengan dan kaki. Padahal, bagian tubuh yang ditutupi oleh pakaian pun memerlukan perawatan.

Gunakan body lotion di seluruh tubuh, baik di lengan, tangan, paha, kaki, hingga pinggang, perut dan punggung agar seluruh tubuh Anda terjaga kelembapannya.

Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa Produk Anda


Menyimpan body lotion terlalu lama dan jarang digunakan, terkadang membuat kita lupa jika produk tersebut telah melewati tanggal kaduarsa.

Produk yang telah melewati tanggal kadaluwarsa juga dapat menimbulkan resiko iritasi pada kulit Anda.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon