November 7, 2018

Tips Menjalani Pernikahan Jarak Jauh

Menjalani pernikahan jarak jauh atau yang sering disebut dengan long distance marriage (LDM) pasti menimbulkan tantangan tersendiri. Pasalnya, tak seperti pasangan suami istri lainnya yang bisa bertemu setiap hari, LDM membuat Anda tak bisa menikmati waktu bersama setiap waktunya karena terpisah jarak.

Tips Menjalani Pernikahan Jarak Jauh

Oleh karena itu, hubungan LDM memang kerap dianggap lebih rentan apalagi setelah menikah. Nah, agar Anda dan pasangan tetap bisa menjaga keromantisan pernikahan mesti terpisah jarak dan waktu, yuk simak Tips Menjalani Pernikahan Jarak Jauh berikut ini.

Tips Menjalani Pernikahan Jarak Jauh


Lain halnya dengan saat pacaran, pernikahan jarak jauh memiliki lebih banyak tantangan. Untuk itu, Anda perlu strategi khusus agar hubungan pernikahan tetap awet, mesra, dan jauh dari konflik. Berikut berbagai tips yang bisa dipraktikkan :

1. Memasang dan memajang foto dengan pasangan


Memasang dan memajang foto dengan pasangan

Meski terkesan sepele dan kekanakan tetapi memasang dan memajang foto dengan pasangan ternyata bisa membantu menjaga hubungan pernikahan jarak jauh Anda. Ryan Howes, seorang psikolog klinis asal Amerika Serikat menyatakan bahwa cara ini membuat ingatan Anda akan pasangan tetap hidup di dalam jiwa.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda menaruh foto pasangan di meja kerja atau wallpaper ponsel sebagai salah satu cara untuk menjaga perasaan tetap tumbuh. Anda juga bisa memasang foto dengan pasangan di profil media sosial untuk menunjukkan komitmen Anda dengan pasangan.

2. Cari cara untuk tetap dekat dengan pasangan


Cari cara untuk tetap dekat dengan pasangan

Meskipun Anda dan pasangan terpisah jarak dan juga waktu, Anda tetap bisa berhubungan layaknya pasangan ada di dekat Anda. Teknologi bisa mendekatkan dua orang yang berjauhan melalui berbagai aplikasi panggilan video. Lakukan panggilan video setiap hari agar Anda tetap bisa merasa dekat meski tidak serumah.

Misalnya, lakukan panggilan video saat Anda sedang memasak makan malam atau bahkan setiap kali hendak tidur. Dengan begitu, Anda tetap bisa merasakan keberadaan pasangan meski tanpa menyentuhnya. Bahkan, Anda juga bisa melakukan seks jarak jauh dengan memanfaatkan panggilan video.

Melakukan masturbasi bersama melalui panggilan video atau bertukar pesan maka (sexting) bisa menambah keintiman Anda dan pasangan meski tanpa bertemu langsung.

3. Berkomunikasi selayaknya tinggal serumah


Berkomunikasi selayaknya tinggal serumah

Ketika Anda dan pasangan tidak tinggal serumah otomatis kehidupan yang dijalani pun sangat berbeda. Anda tidak lagi bisa menyiapkan pakaian atau sarapannya. Namun, Anda tetap bisa dan memang harus bersikap serta berkomunikasi selayaknya sedang tinggal serumah untuk meminimalkan jarak antara Anda dan pasangan.

Misalnya, Anda tetap berkomunikasi layaknya Anda dan pasangan sedang mengobrol santai selepas kerja. Anda juga tetap perlu menceritakan berbagai kejadian yang dialami hari ini di kantor agar pasangan tetap mengetahui perkembangan kehidupan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa tetap menyarankan pakaian yang cocok dipakai oleh pasangan saat bertemu klien keesokan harinya. Intinya, jangan jadikan jarak sebagai penghalang bagi Anda dan pasangan untuk tetap dapat mesra dan berkomunikasi dengan lancar.

4. Bersikap saling terbuka dan hindarkan asumsi buruk


Bersikap saling terbuka dan hindarkan asumsi buruk

Salah satu hal membahayakan yang bisa muncul akibat hubungan pernikahan jarak jauh yaitu sikap tidak terbuka hingga akhirnya menghadirkan asumsi buruk dalam pikiran. Hanya karena Anda tidak bisa membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah pasangan jangan sampai Anda membuat kesimpulan sendiri.

Ketika pasangan hanya membalas pesan teks seperlunya atau tidak mengangkat telepon, jangan langsung berpikiran buruk. Usahakan untuk tetap tenang dan berpikiran positif.

Jangan langsung berasumsi buruk tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi. Tanyakan baik-baik pada pasangan dan katakan padanya bahwa sikapnya membuat Anda tidak nyaman dan juga curiga.

5. Susun rencana pertemuan semenarik mungkin


Susun rencana pertemuan semenarik mungkin

Saat menjalani hubungan LDM, hal yang paling dinanti adalah saat bertemu. Nah, agar pertemuan Anda dan pasangan semakin berkesan, Anda bisa mengemasnya dengan menyusun rencana semenarik mungkin.

Anda bisa merencanakan untuk bertemu di satu kota tertentu dan berpetualang dengan pasangan selama beberapa hari sebelum kembali berpisah. Anda juga bisa memesan hotel atau paket liburan yang selama ini diimpi-impikan. Apapun rencananya, usahakan untuk mengemasnya semenarik mungkin agar keintiman Anda dan pasangan semakin terbangun.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon