Manfaat Menari Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang menyukai kegiatan menari, tentu Anda hal tersebut menjadi suatu kesenangan bagi Anda. Hal ini sekaligus memberi kabar bagi Anda karena ternyata menari bisa memberikan Anda begitu banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Menari Untuk Kesehatan

Melakukan kegiatan menari bisa menjadi sebuah kegiatan olahraga yang akan membuat tubuh Anda sehat dan segar. Selain itu, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena menari adalah salah satu cara menyenangkan untuk membakar kalori.

Seperti yang dilansir dari Mag For Woman, sebuah hasil penelitian menemukan bahwa aktivitas menari merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga agar tubuh mereka tetap sehat dan langsing. Aktivitas menari dapat membantu Anda untuk meningkatkan fleksibilitas dan stamina tubuh, membuat tubuh lebih energik serta menghilangkan stress. Selain itu, kegiatan menari juga akan membantu Anda untuk melepaskan perasaan senang, sehingga tubuh Anda akan lebih banyak menghasilkan hormon yang akan membantu Anda untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

Gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum menari dan gerakan-gerakan dari tarian akan membantu Anda untuk melemaskan semua persendian dan otot-otot yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, gerakan-gerakan tersebut juga akan membantu agar tulang menjadi lebih kuat. Tidak hanya disitu, fungsi kinerja otak juga akan meningkat saat Anda mengikuti irama musik pada saat melakukan gerakan tarian.

Manfaat Menari Untuk Kesehatan

Sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari Washington University menemukan bahwa salah satu cara untuk mencegah penyakit yang akan menyerang saraf progresif dan meningkatkan keseimbangan tubuh adalah dengan menari tango. Studi lain dari University of Derby juga telah menemukan bahwa kegiatan menari dapat meningkatkan konsentrasi dan memerangi depresi karena kegiatan menari dapat memicu terjadinya pelepasan hormon endorfin, yang merupakan hormon kebahagiaan.

Selain itu, kegiatan menari juga akan melancarkan peredaran darah karena pada saat menari, jantung dan paru-paru akan ikut terpompa. Manfaat lain yang akan Anda peroleh dari menari selama setengah jam adalah Anda dapat menghilangkan ketegangan, membakar kalori dan mengurangi resiko untuk terkena penyakit jantung.

Sedangkan manfaat emosional dari kegiatan menari adalah mencegah stres dan menghilangkan kejenuhan. Bersyukurlah Anda yang memiliki hobi menari, selain menyalurkan hobi, Anda juga akan mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this