Olahraga saat Menstruasi Bisa Sembuhkan Kram

Menstruasi merupakan momen yang membuat wanita seringkali merasa tersiksa. Pada periode awal, masalah sakit pada bagian sekitar perut merupakan hal wajar yang dirasakan.

Olahraga saat Menstruasi Bisa Sembuhkan Kram

Pernahkah Anda berolahraga pada saat menstruasi? Hal tersebut dianggap ide yang buruk. Namun siapa sangka, olahraga saat menstruasi perlu dilakukan terutama untuk mengurangi rasa kram. Lalu apa saja jenis olahraga yang cocok dan dilarang saat masa datang bulan hadir?

Mitos umum dan kesalahpahaman tentang berolahraga pada saat menstruasi atau haid :

  • Berolahraga dengan menghindari latihan yang berat adalah mitos yang salah. Ternyata, dengan sedikit gerakan yang berat tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda.
  • Berenang ketika Haid adalah hal yang dilarang. Ini juga merupakan mitos yang salah. Ketika Anda sedang haid dan berada di bawah air, maka produksi darah haid ketika berada di dalam air akan berkurang. Ukuran dan posisi rongga vagina Anda sedikit mengecil dan menahan produksi cairan darah keluar dalam jumlah banyak di air.
  • Mitos yang salah dengan adanya anggapan bahwa ketika haid tubuh akan mengeluarkan banyak darah sehingga Anda dapat mengalami anemia

Kadang-kadang anemia terjadi ketika tubuh Anda tidak mampu memproduksi sel darah merah yang cukup untuk mengkompensasi kehilangan darah selama siklus menstruasi Anda.

Namun hal ini bukan menjadi alasan bahwa olahraga saat haid dilarang. Justru dengan memilih olahraga yang tepat saat menstruasi akan membantu mengurangi rasa sakit Anda.

Beberapa jenis olahraga saat menstruasi seperti berenang, berlari, dan bersepeda semua dapat membantu wanita lebih segar dalam menghadapi masa menstruasi.

Sebaiknya Anda juga mengonsultasikan kepada dokter apa saja olahraga yang disarankan dan olahraga yang dilarang saat haid agar Anda tepat memilih jenis olahraga yang akan Anda lakukan saat menstruasi.

Adapun berikut ini empat manfaat dari olahraga ketika menstruasi yaitu :

1.Meningkatkan Kelancaran Menstruasi


Sebuah penelitian di Universitas Umea, Swedia, telah menunjukkan bahwa memulai hari pertama menstruasi Anda dengan berolahraga, sebenarnya mengoptimalkan kinerja Anda dan lebih baik daripada berolahraga dalam dua minggu terakhir dari siklus Anda. Selain itu, berolahraga saat menstruasi juga dapat menstabilkan emosi Anda yang tidak stabil di saat periode mesturuasi.

2.Meningkatkan Mood


Perubahan mood yang terjadi ketika menstruasi merupakan hal yang sangat lazim terjadi. Hal ini dikarenakan fluktuasi estrogen dan progesteron dapat membuat mood tidak dapat diprediksi. Berolahraga ketika menstruasi sangat baik terutama untuk mengurangi kadar hormon stress dan memicu pelepasan endorfin dan serotonin.

3.Meningkatkan Kualitas Tidur


Bagi Anda yang memiliki masalah kesulitan tidur ketika sedang menstruasi, olahraga merupakan cara yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Rasa sakit dan ketidak-nyamanan pasti dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda, dan dengan perubahan suasana hati yang meningkat (kemarahan, kesedihan, perasaan cemas yang meningkat).

Dengan latihan yang Anda lakukan akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan membantu Anda untuk memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Anda dapat melakukan olahraga seperti yoga sebelum tidur atau berlatih beberapa pembuka pinggul yoga seperti kupu-kupu berbaring, maupun melakukan cardio untuk menghilangkan rasa tidak nyaman ketika menstruasi dan membuat badan Anda semakin rileks.

4.Mengurangi Rasa Kram


Saat menstruasi dialami, banyak hal-hal yang akan membuat Anda menjadi stress sehingga menambah rasa kram pada bagian sekitar perut Anda. Maka, dengan berolahraga secara teratur akan membuat peredaran darah Anda semakin lancar.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this