Tips Diet Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, umumnya wanita masih memiliki bentuk badan yang berisi seperti saat kehamilan. Berat badan yang tidak terjaga akan semakin mudah bertambah gemuk, terutama jika Anda menyusui si kecil.

Tips Diet Setelah Melahirkan

Asupan nutrisi untuk si kecil melalui ASI, membuat ibu harus banyak mengonsumsi beragam makanan yang bergizi setiap hari. Namun, jangan khawatir. Mengembalikan bentuk badan dengan diet setelah melahirkan tidak sulit. Berikut beberapa Tips Diet Setelah Melahirkan yang bisa dicoba :

Tips Diet Setelah Melahirkan


Agar badan kembali ideal dan langsing, selain olahraga, ibu dapat menerapkan pola makan yang seimbang atau diet seimbang. Simak langkah – langkahnya di bawah ini :

1.Makan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna


Cobalah untuk menjaga pola makan atau diet yang seimbang dan memperbanyak buah–buahan, sayuran, biji–bijian, serta makanan mengandung protein setiap hari.

2.Memperbanyak Minum Air Putih


Terapi air setidaknya minum 8 gelas setiap hari terutama jika Anda masih dalam masa menyusui bayi. Selain air putih, Anda juga perlu meminum susu khusus setelah kehamilan dan jus buah.

3.Makanan Mengandung Protein


Protein sangat penting untuk menjaga kesehatan dan perkembangan fungsi organ tubuh si kecil melalui ASI. Ibu dapat mendukung hal ini dengan mengonsumsi beragam makanan yang mengandung protein. Seperti susu, keju, yogurt, daging, ikan dan kacang-kacangan

Makanan kaya protein dapat membantu ibu pulih lebih cepat setelah persalinan dan membuat tubuh tetap kuat.

4.Perbanyak Makan Buah dan Sayur


Pastikan untuk mendapatkan asupan buah – buahan dan sayuran setiap hari. Buah–buahan dan sayuran seharusnya mendapat porsi setengah piring dalam satu kali jam makan. Buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral penting agar tubuh ibu selalu sehat.

Di samping itu, buah dan sayuran mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Sebelum mengonsumsi buah dan sayuran, pastikan untuk mencuci bersih di bawah air mengalir.

5.Menurunkan Berat Badan Dengan Aman


Sebelum menjalani diet setelah melahirkan, temui dokter dan berkonsultasi tentang apa jenis diet menurunkan badan yang aman setelah melahirkan.

Pasalnya, menurunkan berat badan terlalu cepat dapat memengaruhi suplai ASI. Hindari pil diet karena bahan kimianya bisa diteruskan ke bayi melalui ASI.

6.Minum Vitamin Prenatal


Bagi ibu setelah melahirkan dan masa menyusui sangat disarankan untuk minum vitamin prenatal. Dokter akan meresepkan jenis vitamin prenatal yang tepat dan aman untuk Anda.

7.Batasi Junk Food


Diet setelah melahirkan juga merekomendasikan untuk menghindari junk food atau makanan mengandung kalori berlebihan. Misalnya, kue, donat, keripik kentang, gorengan dan sebagainya. Dalam porsi kecil mungkin masih tidak masalah, tetapi jika berlebihan dapat membuat berat badan semakin naik.

8.Makanan yang Harus Dihindari Saat Menyusui


Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat menyusui. Di antaranya :

  • Alkohol: Wine, bir, minuman seperti limun keras dan minuman keras lainnya. Minuman ini dapat membahayakan otak dan perkembangan tubuh bayi.
  • Kafein: Kafein adalah stimulan yang bila diteruskan lewat ASI ke bayi dapat mempengaruhi pertumbuhan. Kafein bisa ditemukan dalam teh, kopi, coklat, minuman ringan dan obat-obatan yang dijual bebas.
  • Ikan todak, Hiu, King Mackerel, dan Tilefish: Ikan ini dalam perairan tertentu mengandung tingkat racun yang tinggi yang disebut merkuri. Merkuri berbahaya bagi otak bayi yang sedang tumbuh. Batasi konsumsi makan ikan tuna setidaknya hanya 6 ons tuna kaleng per minggu.

9.Olahraga Setelah Kehamilan


Selain menjaga pola makan seimbang atau diet setelah melahirkan. Sangat penting untuk tetap berolahraga untuk mengembalikan bentuk badan. Olahraga setelah melahirkan berfungsi untuk :

  • Menurunkan berat badan yang bertambah selama kehamilan
  • Mengurangi sakit punggung, konstipasi, dan kembung
  • Mengangkat suasana hati dan memperbaiki postur
  • Membantu kekuatan otot dan memulihkan tenaga
  • Meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik

Apabila dokter sudah mengizinkan Anda untuk berolahraga sehabis melahirkan. Anda bisa memulai latihan dengan intensitas ringan.

Berjalan kaki adalah cara yang bagus agar tubuh tetap aktif dan mengeluarkan keringat tanpa banyak usaha. Bayi Anda juga bisa ikut serta sembari berjalan – jalan di dalam kereta stroller.

Cobalah berjalan cepat selama 20-30 menit setiap hari atau setidaknya 3 kali per minggu. Ajak beberapa teman atau ibu lain untuk berjalan kaki bersama–sama.

Nah, itu dia beberapa tips mengembalikan bentuk badan setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this