Tips Mengatasi Kesulitan Orgasme

Gangguan sulit orgasme benar-benar ada lho! Ini bukanlah mitos atau hanya disebabkan oleh faktor ketidakcocokan dengan pasangan saja. Anorgasmia atau kesulitan orgasme merupakan penyakit yang dapat dialami wanita. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Perlukah konsumsi obat kuat wanita?

Tips Mengatasi Kesulitan Orgasme

Seks adalah hal menyenangkan, begitu pun dengan orgasme. Namun, bila orgasme memang menyenangkan, mengapa tak semua orang mengalaminya?

Sebuah riset menunjukkan bahwa hanya seperempat wanita yang mengalami orgasme setiap kali ia melakukan seks. Tiga puluh persen di antaranya bahkan mendapatkan orgasme bukan dari pasangannya sendiri. Kok bisa seperti ini?

Ya, fakta dari riset menunjukkan bahwa hanya 25% wanita yang menyadari kehadiran orgasme dan menikmatinya. Selebihnya mungkin tidak menyadari kehadiran orgasme atau bahkan sulit orgasme.

Bila Anda kerap mengalami hal ini, hati-hati terhadap anorgasmia. Anorgasmia merupakan disfungsi orgasme yang dapat terjadi pada wanita. Penderita anorgasmia akan merasa sulit orgasme saat melakukan hubungan seksual.

Anorgasmia dan Penyebabnya


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anorgasmia adalah disfungsi orgasme yang membuat seorang wanita sulit orgasme. Ada beberapa tipe anorgasmia.

Pertama adalah anorgasmia primer di mana seseorang sama sekali tidak tahu dan tidak pernah merasakan orgasme. Kedua adalah anorgasmia sekunder di mana seseorang pernah mendapatkan orgasme, tapi merasa kesulitan untuk mendapatkannya lagi.

Ada pula anorgasmia situasional ketika Anda hanya bisa mendapatkan orgasme dengan cara tertentu. Yang terakhir adalah tipe anorgasmia umum, yakni ketika Anda tidak bisa mendapatkan orgasme apapun pada kondisi apapun dengan cara apapun.

Ada beberapa penyebab anorgasmia, baik dari sisi psikologis maupun fisiologis. Penyebab anorgasmia dari sisi psikologis adalah depresi, cemas, stres, trauma terhadap hubungan seksual, serta permasalahan dengan pasangan.

Sementara itu, faktor fisiologis yang menyebabkan anorgasmia dapat terkait dengan libido, kondisi biologis tubuh yang mendekati menopause, diabetes, hingga kondisi vagina yang kering.

Cara Mengatasi Anorgasmia


Mengatasi anorgasmia tidak semudah menggunakan obat kuat wanita. Beberapa wanita mungkin ada yang mengonsumsi obat kuat wanita sebagai self-help di tahap-tahap awal. Ini mungkin bisa sedikit menolong kehidupan seksual Anda.

Namun, bila Anda ingin mengatasi anorgasmia secara utuh dan tepat, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan treatment dengan baik dan lakukan seks sehat untuk wanita, baik sehat secara fisik maupun psikologis. Sambil melakukan treatment dari dokter, inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi anorgasmia.

Pahami Tubuh Lebih Baik


Salah satu penyebab anorgasmia adalah pemberian stimulasi yang tidak tepat. Maka dari itu, untuk menemukan titik yang tepat, mulailah mengenali diri dengan baik. Lihat tubuh Anda di cermin dan cari titik yang tepat untuk menstimulasi Anda.

Vibrator bisa Anda gunakan sebagai bantuan. Dengan memahami mekanisme tubuh sendiri, mewujudkan seks sehat untuk wanita hingga mencapai orgasme bukanlah impian belaka.

Ubah Posisi Seks


Hal lain yang bisa menghambat Anda mendapatkan orgasme adalah kurangnya stimulus pada klitoris. Permasalahannya mungkin terletak pada posisi seks Anda selama ini. Mengubah posisi seks hingga mendapatkan stimulus yang tepat pada klitoris bisa jadi salah satu solusinya.

Coba lakukan posisi seks woman-on-top yang dikenal mampu membantu wanita mencapai orgasme. Pasalnya, posisi ini memungkinkan Anda untuk sepenuhnya mengontrol gerakan dan stimulasi pada klitoris.

Bicarakan dengan Pasangan


Seks sehat untuk wanita tidak hanya terkait fisik, tapi juga mental. Bila kesulitan orgasme Anda memang disebabkan oleh permasalahan hubungan, bicarakanlah dengan pasangan.

Bicarakan pula permasalahan Anda terkait dengan orgasme. Dengan terbuka pada pasangan, ia bisa membantu Anda melewati masa-masa ini dan tentunya ia akan memberi dukungan yang Anda butuhkan.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this