Makanan yang Baik Untuk Asam Lambung

Maag terjadi ketika asam lambung naik dan biasanya muncul dengan efek mulas serta mual. Tinggi atau tidaknya asam lambung ini bisa dipengaruhi dari makanan yang kita konsumsi.

Makanan yang Baik Untuk Asam Lambung

Selain itu kebiasaan menunda makan juga bisa menyebabkan asam lambung naik dan timbul maag. Untuk membuat asam lambung tetap berada di posisi normal dan gak membuat maag kalian semakin parah, kamu bisa konsumsi Makanan yang Baik Untuk Asam Lambung di bawah ini.

1. Sayur-sayuran


Sayur-sayuran

Manfaat makanan yang satu ini emang udah gak perlu kita ragukan lagi, serat dalam sayur sangat baik untuk pencernaan. Terlebih lagi jenis sayuran seperti kacang hijau, brokoli, kembang kol dan kentang yang baik untuk menjaga asam lambung tetap nomal.

2. Jahe


Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang bisa berfungsi sebagai obat mulas dan gangguan pencernaan lain. Oleh sebab itu kamu sangat disarankan mengkonsumsi jahe untuk menjaga kondisi asam lambung yang aman dan mencegah maag kambuh. Jahe sendiri bisa dikonsumsi dengan cara mencampurkannya pada teh atau dijadikan minuman herbal yang menghangatkan.

3. Oatmeal


Oatmeal

Makanan yang jadi menu sarapan masyarakat barat ini ternyata punya khasiat bagus banget nih untuk asam lambung. Oatmeal merupakan sumber serat yang mampu menyerap asam di lambung dan mengurangi gejala maag. Kamu juga bisa mengkonsumsi olahan gandum lain seperti roti gandum lho.

4. Makanan laut


Makanan laut

Makanan laut seperti ikan dan kerang dapat mengurangi asam lambung dan punya segudang vitamin baik untuk tubuh. Kamu bisa menjadikan seafood sebagai menu harian rutin yang wajib dikonsumsi jika ingin terhindar dari maag.

5. Putih telur


Putih telur

Telur dikenal sebagai sumber protein tinggi yang bagus untuk memenuhi asupan 4 sehat 5 sempurna. Dibalik manfaat baiknya tadi ternyata putih telur sangat baik untuk menenangkan asam lambung yang tinggi. Namun hindari bagian kuning telurnya jika tidak ingin memicu gejala maag yang tidak menyenangkan.

6. Lemak sehat


Lemak sehat

Jenis lemak yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh ini juga bagus banget untuk asam lambung nih. Kamu bisa coba mengkonsumsi alpukat, kenari atau menambahkan minyak zaitun dan minyak wijen ke dalam masakan untuk mendapatkan lemak baik tersebut.

Memilih asupan makanan yang tepat merupakan cara efektif mencegah maag kambuh dan asam lambung naik. Bagi kamu yang memiliki masalah asam lambung coba konsumsi makanan di atas tadi ya!

Rekomendasi untuk Anda